Handicraft usaha menguntungkan

Handicraft usaha menguntungkan

Keunggulan nilai dari handicraft tidak hanya dilihat dari fungsinya saja , akan tetapi juga dinilai dari keunikan dan nilai seni yang dihasilkan para pengrajinnya. Tidak hanya dipasarkan di dalam negeri saja, permintaan untuk produk handicraft buatan Indonesia banyak dipasarkan ke luar negeri. Dibuktikan dengan meningkatnya permintaan handicraft dari waktu hingga waktu. Berikut ini tips bagi Anda yang ingin mencoba bisnis handicraft.

  1. Target pasar
    Produk handicraft memiliki pasarnya masing-masing. Dengan mengenali target pasar, Anda bisa menentukan kualitas standar yang akan diterapkan pada produk kreatif Anda.
  2. Strategi pemasaran
    Siapkan strategi pemasaran yang optimal sebelum Anda benar-benar memasuki rumah produksi secara berlanjut. Anda perlu memastikan produk yang dibuat sudah siap tertampung pasar ketimbang hanya menumpuk di gudang dan mematikan aliran kas dalam usaha Anda.
  3. Keuangan dan pengelolannya
    Pengelolaan keuangan yang efektif akan melancarkan perkembangan bisnis yang sedang Anda jalani. Pastikan Anda sudah Menggunakan software akuntansi pembukuan untuk memudahkan pengelolaan keuangan Anda seperti Jurnal.
  4. Tenaga kerja
    Anda juga harus memperhitungkan berapa jumlah tenaga kerja dan berapa jam kerja serta biaya yang dikeluarkan untuk menggaji. Karena masalah tenaga kerja berhubungan langsung dengan masalah persiapan, metode produksi serta masalah keuangan.
  5. Bahan baku
    Survey dan pastikan dimana Anda bisa mendapatkan suplai bahan baku. Untuk pembuatan produk Anda dengan kualitas yang sesuai harapan dan jumlah sesuai target
    Apa saja modal yang diperlukan?
    Hanya perlu mempersiapkan satu ruangan di rumah baik di garasi, pavilion atau ruangan tamu, ataupun bisa menyewa pavilion atau ruko untuk memajang kerajinan handicraft yang dihasilkan.
    Lemari dan rak-rak kaca untuk tempat memajang hasil kerajinan handicraft .
    Album atau katalog yang berisi produk hasil karya yang telah anda buat.
    Cara menjalankan usaha ini :
    Apabila modal yang dimiliki terbatas Anda bisa membatasi penjualan handicraft pada segmen tertentu, seperti aksesoris untuk remaja dan terbuat dari kulit atau kayu.
    Mencari informasi seputar handicraft unik dan temukan ciri khas yang unik sebagai ‘ikon’ anda.
    Berikan sentuhan pribadi untuk produk Anda, dengan menambahkan kemasan yang cantik atau unik dengan bahan daur ulang.
    Mengikuti bazar tentang handicraft dan jalin relasi dengan para pengrajin handicraft lain untuk saling berbagi informasi seputar handicraft.
    Menggunakan software akuntansi pembukuan seperti Jurnal untuk memudahkan pengelolaan keuangan Anda.
    Kamu dapat menjualnya hasil kerajinan Kamu dengan memajangnya dimedia sosial.
    Secara umum tidak ada perbedaan antara usaha handicraft dengan usaha lain di bidang produksi. Hanya saja, perlu memahami karakter produk handicraft dan mengadaptasi dengan sistem usaha dengan produk yang dijual. Demikian cara dan tips dalam membuka bisnis handicraft bisa anda pelajari dari artikel ini. Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *