ILMU DALAM PROSES PEMBUATAN KERAJINAN TEMBAGA

seseorang yang bergerak dalam bidang industry kerajinan pastilah mempunyai ilmunya sendiri. Banyak sekali ilmu pengetahuaan yang harus dipahami terutama pemahaman dari usaha itu sendiri. Adapun factor ilmu pengetahuan lain yang harus dipahami dalam memulai dan menjalankan bisnis usaha kerajinan tembaga ini. Hal-hal yang perlu dipahami tersebut antara lain:
• Ilmu ekonomi
Dalam ilmu ekonomi yang satu ini banyak yang harus dipahami, namun pemahaman dalam hal ini tidak harus dilalui dengan jenjang pendidikan yang tinggi. Untuk usaha kecil menengah, pemahaman pasar sudah cukup untuk menjadi owner. Namun jika untuk pengaplikasi dalam usaha berskala industry atau perusahaan berskala besar hendaknya bertitle atau mempunyai wawasan tentang ilmu ekonomi industry.
Kiat untuk usaha kerajinan berskala kecil menengah:
1) Pemahaman pasar: harga alat dan bahan. Mencakup bahan baku dan perlengkapan lain.
2) Alur perputaran produk: mengetahui dan memahami situasi pasar, mulai dari produksi dan distribusi
3) Mampu menganalisa keadaan luar : memahami dengan baik apa yang menjadi faktor penghambat dan pendukung dalam menjalani usaha kerajinan tembaga.
4) Pemecahan masalah : dapat melakukan introspeksi, analisa masalah dan juga mencari jalan keluar.
5) HRD (human research developement) : memilah dan memilih sumber daya manusia yan berkompeten dalam usaha kerajinan tembaga. Baik skil yangmemadai dan pola piker perkembangan.
Saat semua prinsip diatas dapat dipenuhi, niscaya usaha akan dapat berjalan dengan lancer dan berkembang dengan baik. Mestinya harus diimbangi dengan kerja keras dan usaha yang tiada henti. Karena sekali lagi semuanya tergantung dari individu yang melakukannya. Selamat mencoba, berusaha dan berdo’a untuk kelancaran bisnis usaha kerajinan tembaga anda.
6.) Pewarnaan sangat diperlukan untuk memperoleh warna logam seakan-akan asli bukan permukaan cat pada logam. Bahan-bahan logam baik sebagai asesoris maupun funsgsi utama akan lebih menarik dengan pewarnaan baik menggunankan pewarnaan logam maupun cat. Dalam industri kerajinan tembaga pewarnaan logam (dengan proses kimia) akan memberika hasil yang lebih berkesan asli. Sedangkan untuk pewarnaan cat kurang memberikan kesan asli, namun pewarnan cat lebih mudah pengerjaannya. Pada umumnya pewarnaan ditujukan untuk beberapa keperluan seperti penahan korosif dan peningkatan penampilan (fasion).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *