Cara Mengukir

Cara Mengukir

Para seniman dan pengukir telah mengukir logam atau kayu selama berabad-abad, dan menghasilkan begitu banyak karya yang banyak dari cabang seni ini. Di masa kini, alat pengukir laser baru dan mesin pengukir lainnya dapat digunakan untuk mengukir plastik, batu permata, dan bahan lainnya yang sulit diukir. Meski kamu bisa menggunakan berbagai variasi peralatan , Anda dapat mulai mengukir sendiri hanya dengan menggunakan beberapa peralatan saja.
Mengukir Logam
Pilihlah peralatan Anda. Anda dapat menggunakan palu dan alat pemahat, namun Anda juga dapat memilih alat yang tidak terlalu mahal seperti “alat pengukir” atau “burin” yang didorong dengan tangan atau berisi udara, yang memberikan kestabilan dan kendali yang lebih. Jika Anda sudah memiliki dremel dengan bor karbit tungsten, Anda lebih baik menggunakan alat tersebut.
Bagian ujung alat pengukir memiliki banyak bentuk yang berbeda-beda. Yang berbentuk kotak “V” merupakan salah satu yang paling serbaguna.
Logam yang halus jarang dapat diukir dengan menggunakan jangka atau pisau ukir, dan hasil akhir yang tepat dengan tampilan 3 dimensi akan sulit untuk dihasilkan.
Pilihlah objek logam untuk Anda berlatih. Jika ini merupakan proyek mengukir Anda yang pertama, jangan ukir jam warisan Anda yang sangat berharga itu terlebih dahulu. Berlatihlah dengan barang lainnya yang siap rusak. Logam yang lebih halus seperti tembaga atau kuningan akan lebih cepat dan mudah untuk diukir dibandingkan dengan besi atau logam keras lainnya.
Bersihkan logam. Gunakan kain lembap untuk membersihkan permukaan logam, lalu keringkan dengan menggunakan kain kering. Jika logam masih kotor, sikatlah dengan menggunakan air sabun lalu keringkan.
Jika logam memiliki lapisan pelindung pada permukaannya, yang biasanya terdapat pada kuningan, Anda tidak perlu menyingkirkan polesan tersebut. Proses mengukir akan menembus polesan ini, jadi Anda akan membutuhkan polesan lapisan pelindung yang baru setelah proses mengukir jika Anda ingin warna logam tetap konsisten.
Gambar atau cetak suatu rancangan. Jika Anda mengukir pada objek yang kecil atau Anda mengukir untuk pertama kalinya, gambar atau cetaklah rancangan yang sederhana dengan jarak garis yang cukup. Ukiran yang rinci akan sulit untuk dilakukan tanpa latihan terlebih dahulu dan mungkin akan berakhir terlihat kacau atau buram ketika sudah diukir. Anda dapat menggambar rancangan langsung di atas logam. Jika tidak, gambarlah atau cetaklah pada ukuran yang tepat, lalu ikutilah langkah selanjutnya untuk memindahkannya ke atas logam.
Jika Anda mengukir huruf, buatlah serata mungkin dengan cara menggambarkannya di antara dua garis paralel lurus yang dibuat dengan penggaris.[4]
Gambar berjudul Engrave Step 5
5
Pindahkan rancangan ke atas logam (jika diperlukan). Ikuti langkah ini jika Anda ingin memindahkan rancangan ke atas logam; jika rancangan Anda sudah terdapat di atas logam, lanjutlah ke langkah berikutnya. Jika Anda tidak dapat menemukan bahan khusus yang diperlukan, carilah secara daring untuk satu dari banyak cara untuk memindahkan gambar. Ingatlah kebanyakan dari alat ini juga membutuhkan peralatan jenis khusus.
Tambahkan pernis atau lak pada bagian yang ingin Anda ukir, tunggulah hingga kering dan sedikit lekat.
Gambarlah rancangan pada lapisan poliester (“Mylar”) menggunakan pensil yang halus.
Tutup gambar Anda dengan menggunakan selotip. Oleskan selotip secara menyeluruh dengan menggunakan kuku jari Anda atau dengan menggunakan alat untuk memoles, lalu dengan perlahan angkat selotip Anda. Sekarang, rancangan Anda terdapat pada selotip.
Tempelkan selotip tersebut pada logam yang sudah dipernis. Oleskan dengan kuku jari Anda pada arah yang sama, lalu singkirkan selotip tersebut.
Jepit logam Anda di tempat. Mengukir akan menjadi jauh lebih mudah jika Anda menggunakan penjepit atau ragum agar logam tidak lepas. Anda dapat menggunakan ragum genggam yang membuat Anda dapat memegangnya pada satu tangan dengan genggaman yang kuat, namun ketahuilah bahwa ini meningkatkan kemungkinan akan goresan atau kikisan. Jika Anda menggunakan alat bertenaga atau palu dan alat pengukir yang membutuhkan dua tangan, Anda sangat direkomendasikan untuk menggunakan penjepit yang menahan logam di meja atau permukaan stabil lainnya.
Ukir rancangan Anda. Gunakan alat pilihan Anda untuk mengubah gambar Anda menjadi ukiran, berikan tekanan pada bagian dari suatu sudut untuk memotong bagian-bagian dari logam. Untuk percobaan pertama Anda, cobalah untuk mempertahankan bagian ujung dari alat Anda pada sudut yang sama di seluruh proses mengukir. Mulailah dengan mengerjakan garis lurus pada dua sisi hingga potongannya dalam. Gunakan ini sebagai titik awal untuk menggerakkan sisa dari garis. Untuk mengukir garis dengan bentuk yang rumit, seperti huruf J, selesaikan garis lurusnya terlebih dahulu. Ketika garis lurus sudah selesai, mulai kerjakan bagian yang lebih sulit
Pelajari lebih lanjut. Mengukir merupakan bentuk seni yang membutuhkan waktu seumur hidup untuk dilatih dan dikembangkan. Jika Anda tertarik akan teknik baru, mengukir dengan mesin, atau saran praktis untuk mengembangkan peralatan Anda, terdapat banyak sumber yang tersedia:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *