5 Manfaat Tembaga untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Cegah Penuaan Kulit?

5 Manfaat Tembaga untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Cegah Penuaan Kulit?

Tembaga adalah salah satu mineral yang diperlukan tubuh karena memiliki banyak manfaat. Ternyata ada berbagai manfaat tembaga untuk kesehatan tubuh. Inilah mengapa Anda perlu menjaga asupan tembaga dengan dosis yang tepat.

Ketahuilah lebih jauh mengenai apa itu tembaga, apa manfaat tembaga untuk kesehatan tubuh, dan dosis asupan tembaga yang tepat agar tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh.

Apa itu tembaga?
Tembaga adalah salah satu jenis mineral yang sangat penting bagi tubuh. Di dalam tubuh tembaga dapat ditemukan di tulang dan otot tetapi ditemukan juga di otak, hati, jantung, dan ginjal.

Asupan makanan yang mengandung tembaga
Setiap manusia membutuhkan asupan dari berbagai makanan yang mengandung tembaga. Hal ini dikarenakan sintesis tembaga tidak dapat dilakukan di dalam tubuh. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi makanan yang beragam dan mengandung tembaga.

Ada beberapa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi untuk menjaga kecukupan tembaga bagi tubuh. Beberapa jenis bahan makanan tersebut di antaranya adalah daging-dagingan, makanan laut, kacang-kacangan, biji-bijian, produk turunan kakao, sereal bekatul gandum, lobak hijau dan bayam.

Manfaat tembaga untuk kesehatan tubuh
Manfaat tembaga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Inilah mengapa Anda sangat dianjurkan untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan yang telah disebutkan karena mengandung tembaga yang cukup bagi tubuh.

Jika kecukupan tembaga terpenuhi maka Anda akan mendapatkan berbagai manfaat tembaga sebagaimana yang ada pada penjelasan di bawah ini:

  1. Meningkatkan imunitas tubuh
    Manfaat tembaga bisa meningkatkan imunitas tubuh. Ini dikarenakan tembaga yang ada di dalam tubuh mampu mempertahankan jumlah sel darah putih. Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa sel darah putih adalah pertahanan tubuh terhadap penyakit.

Apabila asupan tembaga tidak cukup maka jumlah sel darah putih menjadi lebih sedikit. Penurunan jumlah sel darah putih bisa menyebabkan tubuh tidak mampu melawan infeksi akibat bakteri dan virus sehingga tubuh mudah terserang penyakit.

  1. Mencegah osteoporosis
    Tentunya Anda tidak ingin terkena osteoporosis kan, apalagi di usia yang masih produktif. Nah, jika Anda tetap ingin memiliki tulang yang sehat dan terhindar dari osteoporosis dini maka cukupilah asupan tembaga.

Asupan tembaga yang cukup dan dikombinasikan dengan kalsium, seng, dan mangan dapat memperlambat kehilangan kepadatan tulang. Penurunan kepadatan tulang yang tidak cepat ini akan mencegah terjadinya osteoporosis dini.

  1. Menjaga dan meningkatkan fungsi kognitif
    Manfaat tembaga bagi otak sangat terkait dengan perkembangan saraf. Asupan tembaga dalam jumlah cukup memiliki pengaruh terhadap daya serap informasi dan proses mengolah informasi tersebut (berpikir) menjadi lebih baik.

Ini berarti pengonsumsian tembaga cukup bisa menjaga dan meningkatkan fungsi kognitif menjadi semakin baik . Akan tetapi, Anda harus waspada agar tidak mengonsumsi tembaga berlebihan karena efek samping justru bisa menurunkan fungsi kognitif.

  1. Menjaga kesehatan sistem kardiovaskular
    Kesehatan sistem kardiovaskular sangat penting untuk tetap dimiliki. Sistem kardiovaskular yang baik ditandai dengan kondisi jantung dan pembuluh darah yang baik. Oleh karena itu penting untuk mengonsumsi tembaga dalam dosis tepat karena manfaat tembaga bisa menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Asupan tembaga yang cukup di dalam tubuh dapat meningkatkan fungsi jantung dan menguatkan jantung. Selain itu, manfaat tembaga juga dapat menjaga fleksibilitas arteri sehingga bisa menurunkan risiko terjadinya aterosklerosis dan stroke.

  1. Membantu pertumbuhan dan perkembangan
    Hampir semua orang tentunya ingin memiliki tubuh yang ideal. Tubuh ideal bisa didapatkan dengan syarat pertumbuhan dan perkembangan tubuh berjalan dengan baik. Salah satu jenis mineral yaitu tembaga bermanfaat untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan dalam kondisi yang baik.
    Manfaat tembaga terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh bisa risiko cacat lahir. Selain itu, jika Anda memenuhi asupan tembaga yang diperlukan sesuai dengan usia maka pertumbuhan dan perkembangan tidak akan mengalami hambatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *