Pertambangan diIndonesia

Pertambangan diIndonesia

Indonesia memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia yang sama kayanya, di mana harta tersebut tersebar diseluruh wilayah Indonesia. Dengan demikian, seharusnya Indonesia tidak memiliki kesulitan untuk menggarap dan mengolah semua yang dimiliki dalam usaha meningkatkan kualitas hidup nasional.

Diantara semua kekayaan alam yang tersedia, kekayaan yang paling menjanjikan untuk dikelola berada disektor pertambangan mengingat kita hanya perlu mengambil harta yang ada dari dalam Bumi, menyerap begitu banyak tenaga kerja, menggairahkan begitu banyak sektor pendukung, dan nilai jual produk yang diambil begitu bernilai. Indonesia kaya akan wilayah tambang yakni meliputi tambang batu bara diPulau Kalimantan, tambang pasir diKepulauan Bangka Belitung, tambang minyak dan gas alam, tambang emas diPapua, tambang batu, tambang aspal, dan tambang mineral lainnya. Pantas jika tambang kita jadikan sumber daya alam utama diIndonesia.

Pertambangan dan tenaga kerja
Kehidupan pertambangan menyerap banyak tenaga kerja dengan berbagai kualifikasi kemampuan dari tingkatan yang tertinggi hingga yang terendah dalam setiap prosesnya. Suatu kegiatan pertambangan membutuhkan begitu banyak tenaga terlibat dilapangan dan melibatkan berbagai keahlian yang terkait. Untuk membangun infrastruktur yang dibutuhkan membutuhkan ahli teknik sipil. Untuk memastikan para pegawai terhindar dari risiko kecelakaan kerja, perusahaan membutuhkan tokoh yang memiliki kompetensi dalam bidang K3. Untuk merawat mesin yang digunakan perusahaan membutuhkan tokoh yang memiliki kompetensi dalam bidang teknik mesin.

Untuk menentukan prosedur yang tepat, perusahaan membutuhkan tokoh yang memiliki kompetensi dalam bidang teknik pertambangan dan kebumian. Untuk memperbaiki kondisi lingkungan pasca kegiatan penambangan, perusahaan membutuhkan tokoh yang memiliki kompetensi dalam bidang teknik lingkungan. Kehidupan pertambangan yang berlangsung didaerah terpencil juga membutuhkan tenaga pendukung kenyamanan pegawai selama mereka tinggal dan bekerja disana meliputi asisten rumah tangga, koki, dan dokter umum.

Setelah mendapatkan harta yang diharapkan, harta tersebut akan diangkut kepada pihak yang membeli. Proses transportasi ini kembali melibatkan banyak tenaga, baik dalam dunia transportasi darat, penerbangan kargo, dan perkapalan. Ke depannya, seiring keinginan Pemerintah kepada para perusahaan untuk membangun smelter, kegiatan pengolahan produk ini akan melibatkan lebih banyak tenaga lagi, termasuk di dalamnya buruh pabrik dan ahli industri di bidang fisika serta kimia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *