4 Alasan tembaga cocok digunakan kabel listrik

4 Alasan tembaga cocok digunakan kabel listrik

Dalam keseharian, kamu pasti udah tidak asing sama listrik. Listrik ibarat nyawa dari peralatan elektronik yang kamu punya, mulai dari smartphone, laptop dan peralatan elektronik lainnya. Nah, listrik ini tidak bisa dilepaskan dari peran kabel dengan kawat tembaga di dalamnya. Fungsinya buat menghantarkan arus listrik ke alat-alat elektronik yang kamu miliki biar bisa berfungsi.

Lantas pernah gak kamu kepikiran, kenapa kabel itu kebanyakan pakai kawat tembaga? Memang kalau pakai logam lain kenapa? Menurut Direktur International Copper Association (ICA) wilayah Asia Timur dan Tenggara, Collin May saat ditemui diAula Timur ITB Kota Bandung mengatakan jika diera Industri 4.0, peralatan elektronik/ listrik harus memiliki penghantar panas yang baik, dan tembaga adalah penghantar panas terbaik. “Tembaga memiliki tingkat konduktif 30% lebih tinggi dibandingkan logam lainnya” tegasnya.

Selain itu, ada fakta lain seputar tembaga seperti berikut ini.

  1. Hambatan paling kecil.
    Fan GTA? jadi kamu dapat dengan mudah menjawab semua pertanyaan
    Nilai hambatan jenis (rho) tembaga paling kecil jika dibandingkan dengan jenis logam seperti besi atau alumunium. Nilai hambatan dari tembaga adalah 1,68 x 10 -8 m. Nah, semakin kecil rho ini maka arus listriknya gak akan banyak terbuang, apalagi jarak antara pembangkit dengan rumah kamu bisa sampai puluhan kilometer. Jadi kebayang kan, jika hambatannya besar maka standar listrik yang sampai ke rumah kamu juga bakal jauh dari standar.
  2. Paling ekonomis.
    Meski rho dari tembaga ini bukan yang terkecil, namun dari segi harga paling ekonomis dong. Misalnya perak atau emas, rho-nya lebih kecil dari tembaga, namun harganya lebih mahal dari tembaga. Jadi buat satu meter kabel listrik udah kebayang kan berapa rupiah yang harus kamu keluarkan.
  3. Mudah melebur.
    Tembaga punya sifat mudah menyerap panas sekaligus mudah melepaskan panas. Sehingga jika ada gangguan arus listrik maka kabel tembaga ini akan putus. Peningkatan suhu tembaga secara cepat ini dimanfaatkan untuk peralatan listrik yang menggunakan prinsip perubahan suhu panas (thermo), misalnya pada MCB atau Sikring.
  4. Lentur.
    Kabel tembaga ini punya keunggulan dari segi kelenturan, sehingga memudahkan dalam pemasangan jaringan atau instalasi listrik. Selain itu juga masa jenis dari tembaga ini cukup kecil sehingga cukup ringan saat dipasang dalam suatu instalasi listrik.

Itulah 4 alasan mengapa kabel listrik banyak yang menggunakan kabel tembaga. Jadi coba deh cek instalasi listrik di rumah kamu, dan pastikan semua sudah menggunakan bahan-bahan terbaik buat menghindari beban panas berlebih biar tidak terjadi kebakaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *