Pesan sekarang!
8 Makanan Kaya Zat Tembaga

8 Makanan Kaya Zat Tembaga

8 Makanan Kaya Zat Tembaga

Zat tembaga adalah salah satu mineral yang mempunyai peranan penting dalam kesehatan tubuh manusia. Zat ini tidak dapat diproduksi dalam tubuh kita maka oleh sebab itu kita membutuhkan asupan zat tembaga yang diperoleh dari makanan. Berikut ini ada 8 makanan yang kaya zat tembaga untuk Anda.

Zat Tembaga
Zat tembaga adalah mineral penting yang dibutuhkan tubuh dalam pembentukan tulang, produksi jaringan ikat, proses pengkodean enzim khusus yang diperlukan untuk produksi melanin dan menghilangkan radikal bebas dari tubuh manusia serta masih banyak manfaat lainnya.

Seseorang yang mengalami kekurangan zat tembaga ini akan beresiko mengalami berbagai masalah kondisi medis seperti osteoporosis, anemia, nyeri sendi, kekebalan rendah. Makanan kaya zat tembaga yang direkomendasikan untuk mengembalikan tingkat tembaga dalam tubuh sehingga mencegah kekurangan zat tembaga adalah berikut ini.

8 Makanan Kaya Zat Tembaga

  1. Daging dan Seafood

Hati sapi dapat dikatakan sebagai makanan yang memiliki kandungan zat tembaga paling tinggi. Jantung sapi atau ginjal sapi juga kaya akan tembaga. Tidak hanya itu beberapa jenis makanan laut seperti kerang, daging kepiting, lobster dan makanan laut lainnya memiliki kandungan tembaga yang kaya.

Satu ons hati sapi mengandung sekitar 4,049 mikrogram tembaga, satu buah tiram mengandung sekitar 670 mikrogram tembaga. Sementara 3 ons kerang dapat memberikan 585 mikrogram tembaga. 3 ons daging kepiting yang sudah dimasak memiliki 624 mikrogram tembaga.

  1. Buahan dan Sayuran
    Meskipun umumnya buah dan sayuran tidak memiliki kandungan tembaga yang tinggi, namun beberapa jenis buah dan sayuran mengandung sejumlah tembaga seperti buah alpukat, pisang, anggur, tomat, jamur, ubi jalar dan lainnya.

Satu cangkir tomat kering diperkirakan mengandung sekitar 768 mikrogram tembaga, satu buah kentang panggang yang besar mengandung sekitar 320 mikrogram tembaga.

  1. Biji-bijian dan Kacang-kacangan
    Beberapa jenis kacang-kacangan dan biji-bijian adalah makanan yang tinggi kandungan tembaga. Diperkirakan satu ons biji bunga matahari berisi sekitar 519 mikrogram tembaga. Kacang mete sekitar 629 mikrogram, almond 332 mikrogram, hazelnut 496 mikrogram dan sekitar 497 mikrogram dalam kacang yang dimasak.
  2. Cokelat

Bagi Anda pecinta cokelat maka Anda dapat dengan mudah meningkatkan asupan zat tembaga dalam tubuh Anda. Diketahui dalam satu ons cokelat yang mengandung hingga 85 persen kakao memiliki zat tembaga sekitar 500 mikrogram.

Dengan sepotong cokelat saja Anda dapat memberikan tubuh Anda setengah dari asupan harian tembaga yang direkomendasikan.

  1. Sereal
    Sereal juga diperkaya dengan zat tembaga. Anda harus menjadikan sereal sebagai bagian dari menu makanan harian Anda. Dalam hanya satu cangkir sereal telah diperkaya sekitar 100 mikrogram tembaga. Dan sekitar 257 mikrogram tembaga terdapat dalam satu cangkir bran cereal.
  2. Telur
    Telur terutama kuning telur juga sebagai salah satu makanan dengan kandungan tinggi tembaga. Bagi Anda yang ingin memenuhi asupan tembaga dalam tubuh namun tidak menyukai atau ingin menghindari konsumsi daging dan makanan laut maka telur adalah pilihan yang dapat Anda ambil terutama bagian kuningnya untuk mencegah kekurangan tembaga.

Untuk mendapatkan manfaat kuning telur dengan cara yang sehat adalah dengan merebusnya. Ada banyak resep masakan yang mengandung kuning telur yang bisa Anda buat sendiri untuk menghadirkan rasa yang lebih lezat.

  1. Bumbu Rempah dan Herbal

Bumbu rempah dan herbal keduanya merupakan sumber yang baik dari zat tembaga dan baik pula untuk Anda tambahkan dalam masakan harian Anda. Rempah-rempah yang kaya akan tembaga adalah mustard, bubuk cabai, jinten, peppermint, bubuk kari, bubuk bawang, cengkeh, pala, daun ketumbar, biji seledri dan masih banyak lagi. Sementara herbal yang tinggi kandungan tembaga adalah seledri, thyme, tarragon dan lainnya.

  1. Minuman Tertentu
    Minuman tertentu seperti kopi, teh hitam, bir atau anggur juga merupakan makanan tinggi kandungan tembaga. Namun Anda harus berhati-hati agar tidak berlebihan dalam minum kopi atau teh hitam dalam sehari. Juga hindari banyak minum bir atau anggur.

Kita semua tahu bahwa konsumsi kafein berlebihan itu tidak sehat. Anda tentu juga tidak menginginkan menjadi mabuk hanya untuk meningkatkan zat tembaga dalam tubuh Anda. Cukup konsumsi minuman ini sekedarnya untuk meningkatkan asupan harian tembaga. Masih banyak pilihan makanan lain yang lebih bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *