Pesan sekarang!
Ornamen Hiasan Dinding Tembaga

Ornamen Hiasan Dinding Tembaga

Ornamen Hiasan Dinding Tembaga

Ornamen Hiasan Dinding Tembaga
Apakah anda salah satu yang memiliki cita-cita menjadi seorang pengrajin tembaga? Khususnya spesialis membuat ornamen tembaga? Pada ulasan kali ini akan mengulas beberapa hal tentang kerajinan ornament tembaga. Istilah ornamen ini ada digunakan sebagai penghias produk. Produk dalam ini bukan produk merek di bungkusan makanan atau semacamnya, melainkan bahan hiasan seperti di kerajinan pahat patung, tembaga dan kuningan. Misal ornamen hiasan dinding tembaga gantungan lampu, gantungan lampu yang polosan akan tempak menarik dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi, dibandingkan yang tidak diberi ornament. Adapun fungsi ornament, diantarannya sebagai berikut
Sebagai Murni Estetis
Ornamen Hiasan Dinding TembagaKerajinan ornamen tembaga berfungsi sebagai nilai estetis, yang artinya berfungsi untuk member nilai lebih. Baik nilai lebih dari segi keindahan bentuk produk maupun nilai lebih dari segi harga yang lebih mahal dan kualitas yang baik. Hasil kerajinan ornament yang sudah diproses inilah yang kemudian menjadi karya seni. Bentuk ornament yang sering ditemui ada pada kerajinan keramik, tenun ayam , tenun, batik, perhiasan, peraltan rumah tangga, senjata tradisional dan kriya. Bahkan kini juga banyak yang digunakan untuk ornamen kerajinan tembaga.
Sebagai Fungsi Simbolis
Kerajinan ornamen tembaga selain memiliki fungsi estetis, juga memiliki fungsi simbolis. Secara fungsi simbolis paling sering ditemuikan pada benda-benda pusaka. Dimana benda pusaka tersebut digunakan sebagai adat istiadat. Komposisi pembuatan pusaka itu pun bermacam-macam. Mulai ada yang terbuat dari tembaga maupun kuningan yang diolah sedemikian rupa dan proses yang panjang dan luas.
Bentuk ornament pada pusaka pun bermacam-macam motif. Berbicara motif ornament ada banyak motif seperti burung, kala, biawak dan naga. Setiap motif yang digambar itupun memiliki makna filosofis sendiri. Makna-makna filosofis inilah yang justru menjadi power dari pusaka tersebut. sedangkan terkait dengan pengrajin tembaga, khususnya ornament tembaga kadang hanya mengikuti permintaaan dari para pemesan.

Sebagai Teknis Konstruktif
Fingsi ornament terakhir sebagai tkenis konstruktif. Sesuai namannya “konstruktif” berfungsi sebagai penyangga. Peranannya sebagai penopang sekaligus penghubung untuk memperkokoh ornament tersebut lebih berkarakter. Dalam hal ini ornament yang dibuat inilah yang memiliki bentuk ornament yang berfungsi mempercantik hiasan. Ternyata, ornament yang tersusun tidak hanya sebagai hiasan, melainkan sebagai dan terkait erat dengan kontruksi yang saling menguat. Sehingga, semisal tidak ada ornament tersebut, maka tembaga yang diukir atau di buat akn menjadi produk yang hambar, dan biasa-biasa saja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *