Pesan sekarang!
Apa itu tembaga

Apa itu tembaga

tembaga merupakan

Tembaga merupakan salah satu bahan yang juga berfungsi untuk membentuk bahan lainnya. Contohnya adalah kuningan yang merupakan campuran antara tembaga dan seng.Manfaat tembaga dalam kehidupan sehari hari sangat banyak digunakan untuk penghantar panas dalam dunia listrik.

Berikut ini manfaat dan kegunaan tembaga:

  1. Tembaga adalah salah satu jenis logam yang berwarna kekuning kuningan, dan memiliki kemampuan sebagai penghantar yang sangat baik di kelasnya.
  2. Tembaga dimanfaatkan untuk berbagai alat listrik dan rumah tangga. Hampir semua alat rumah tangga terutama yang berhubungan dengan listrik menampilkan label terbuat dari tembaga. Karena logam ini memang sangat handal digunakan untuk penghantar listrik.
  3. Komponen utama perlengkapan handphone dan komputer dan elektronik.
  4. Komponen pembuat perhiasan. Tembaga juga dapat digunakan untuk membuat berbagai perhiasan menarik, terutama ketika dicampurkan dengan emas atau logam lainnya.
  5. Dalam bidang pertanian, logam tembaga dapat digunakan sebagai racun.
  6. Digunakan sebagai algisida (pembunuh ganggang) dalam pemurniaan air.
  7. Dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan pembuatan uang logam.
  8. Campuran tembaga dapat dijadikan sebagai bahan pembuatan logam lainnya.
  9. Digunakan sebagai campuran untuk menghilangkan belerang dalam pengolahan minyak.
  10. Selain sebagai komponen dan pendukung berbagai komponen dalam peralatan listrik dan perlengkapan lainnya ada satu lagi manfaat tembaga yang sering kita dengar. Penggunaan paling populer adalah pada kabel tembaga, kabel yang di dalamnya murni kandungan tembaga sebagai penghantar listrik.
  11. Tembaga begitu banyak digunakan dalam peralatan listrik, tentu hal ini karena berbagai kelebihan yang dimiliki oleh logam ini.
  12. Penghantar panas yang handal dan cepat.
  13. Memiliki kekuatan penghantar listrik yang tinggi, cocok digunakan untuk arus listrik yang tidak stabil dan tinggi.
  14. Memiliki sifat Koefisien suhu yang baik, artinya tembaga dapat menyusut ketika suhu dingin dan memuai ketika suhu panas.
  15. Merupakan penghantar panas dan listrik yang sangat baik, maka banyak digunakan pada alat-alat listrik.
  16. Sebagai perhiasan, campuran antara tembaga dan emas.
  17. Sebagai bahan pembuat logam lain, seperti kuningan (campuran antara tembaga dan seng), perunggu (campuran antara tembaga dan timah), monel, dan alniko.
  18. CuSOdalam air berwarna biru, banyak digunakan sebagai zat warna.
  19. Campuran CuSO4 dan Ca(OH)2, disebut bubur boderiux banyak digunakan untuk mematikan serangga atau hama tanaman, pencegah jamur pada sayur dan buah.
  20. CuCl2, digunakan untuk menghilangkan kandungan belerang pada pengolahan minyak.
  21. Cu(OH)2 yang larut dalam larutan NH4OH membentuk ion kompleks cupri tetramin (dikenal sebagai larutan schweitser), digunakan untuk melarutkan selulosa pada pembuatan rayon (sutera buatan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *