Pesan sekarang!
Bagaimana cara membuat kerajinan kaligrafi dari tembaga?

Bagaimana cara membuat kerajinan kaligrafi dari tembaga?

kaligrafi dari tembaga

Simak yuk cara cara berikut ini :
Tahap pertama dalam membuat kaligrafi tembaga adalah pemilihan bahan tembaga yang campuran timahnya paling rendah sehingga mudah untuk di gores.
Tahap yang kedua dalam membuat kaligrafi tembaga adalah pembuatan desain, membuat kaligrafi tembaga didesain dengan menggunakan coreldraw atau dengan cara manual (langsung dengan alat tulis)
Tahap yang ketiga dalam membuat kaligrafi tembaga adalah menduplikatkan desain, setelah desain jadi duplikatkan keukuran yang anda inginkan.
Setelah proses penduplikatan selesai dan mendapatkan hasil yang anda inginkan barulah melangkah ke proses selanjutnya yaitu yang disebut penggoresan.
Tahap yang keempat dalam membuat kaligrafi tembaga adalah penggoresan, sebelum memulai menggores plat tembaga yang akan dibuat kaligrafi siapkan terlebih dahulu alat-alat yang akan digunakan untuk menggores yaitu pena atau pensil, langkah selanjutnya letakkan plat kuningan diatas meja, tapi jangan lupa untuk meletakkan spon atau karet lembaran di atas meja supaya plat mudah digores dan tidak rusak. Setelah siap letakkan duplikat desain yang telah anda buat tadi diatas plat tembaga. Proses selanjutnya mulailah menggoreskan pena atau pensil mengikuti desain yang telah anda buat tadi. Setelah selesai untuk menambahkan kesan timbul pada tulisan buat garis pada plat bagian belakang sesuai kreasi anda. Setelah semua selesai melangkah ke tahap selanjutnya yaitu proses yang disebut membuat titik ini dimaksudkan supaya tulisan lebih mendapat kesan timbul.
Tahap yang kelima dalam membuat kaligrafi tembaga adalah nitiki sebelum memulai nitiki tempelkan terlebih dahulu plat tembaga yang telah digores tadi keatas media kayu (triplex) dengan menggunakan lem, setelah itu mulailah proses membuat titik satu persatu sampai semua bagian kosong terisi kecuali goresan yang telah anda buat.Setelah semua selesai tahap selanjutnya yaitu finishing
Tahap yang keenam membuat kaligrafi tembaga yaitu finishing untuk tahap awal finishing yaitu memberikan cairan pembersih pada plat yang telah kita buat tadi dan setelah itu memberikan cairan pengkilap pada plat kuningan. (ingat gunakan bahan yang lunak supaya media yang telah kita buat tadi tidak rusak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *