Pesan sekarang!
Pintu Tembaga

Pintu Tembaga

PINTU MEKAH NABAWI

Sejarah Kerajinan Replika Pintu Nabawi

Mengapa banyak sekali para pengrajin Indonesia yang membuat replika pintu nabawi? Ya seperti yang sudah kita ketahui bahwa masjid nabawi merupakan masjid yang sangat megah sekali sepanjang perjalanan islam, dimana masjid nabawi merupakan masjid yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW yang terdapat di Kota Madinah di Arab Saudi.

Karena kemuliaan masjid ini maka banyak kaum islam yang ingin berkunjung kesana, namun karena jarak antara Indonesia dan arab Saudi sangatlah jauh maka banyak pengrajin Indonesia yang menirukan karya seni replika pintu nabawi. Dengan begini kini banyak sekali orang Indonesia yang mengetahui gaya dan desain pintu nabawi.

Cara Pembuatan Pintu Nabawi

Beragam cara untuk proses pembuatan kerajinan replika pintu nabawi ini, disini saya akan menjelaskan secara umum saja bagaimana cara membuat replika pintu nabawi. Silakan simak sebagai berikut :

Proses pertama yang dilakukan adalah proses pemahatan bahan kuningan, propses pemahatan ini adalah proses utama dimana hasil dari proses ini akan mendapatkan bentuk suatau pintu nabawi. Semua pengerjaan kerajinan dilakukan sesuai dengan permintaan konsumen.

Kemudian tahap selanjutnya adalah proses polish yang mana tahap ini merupakan bagian untuk memoleskan tembaga ke bagian kuningan untuk membuat kesan indah pada replika pintu nabawi. Selanjutnya yakni proses terakhir finishing dimana tahapan ini memeperlakukan kerajinan supaya kerajinan pintu nabawi awet dan tahan lama.

Untuk menghasilkan replika pintu nabawi yang terbaik maka hal yang perlu diperhatikan pertama adalah bahan baku yang digunakan harus menggunakan bahan tembaga dan kuningan yang berkualitas, setelah itu pengrajin yang handal dan berpengalaman juga mempengaruhi hasil kerajinan.

Arsitektur Pintu Nabawi

Untuk menjaga keutuhan arsitek dari replika pintu nabawi pengrajin membuat kerajinanya dengan keahlian tangan mereka sendiri, padahal jika dibuatkan mesin maka akan mempermudah pembuatan replika pintu nabawi.

Banyak sekali konsumen yang memesan sekaligus dipasangkan kerajinan replika pintu nabawi. Pengrajin sengaja membuatnya homemade dengan tujuan menjaga kualitas pahatan ukiran sebuah pintu dengan tembaga yang dipadukan kayu berkualitas dan tidak mengecewakan konsumen.

Sebuah bahan tembaga memiliki pengaruh yang amat besar untuk sebuah kerajinan bangunan karena tembaga membuat bangunan tampak lebih kokoh dan tahan lama, ini menjadi salah satu alasan pengrajin memanfaatkan tembaga sebagai bahan utama kerajinan.

Tidak cukup itu saja tembaga juga memiliki kesan tersendiri pada sebuah kerajinan yakni membuat kerajinan tampak lebih indah dan memberikan kesan mewah, jangan heran jika banyak sekali kerajinan yang memiliki warna keemas emasa yang terbuat dari bahan tembaga.

Ukuran dan Bentuk Pintu Nabawi

Pengrajin pintu nabawi menyediakan banyak sekali ukuran pintu, konsumen bisa request sesuai dengan kebutuhan pintu yang akan dipesanya. Budget yang dibutuhkan juga sesuai dengan pesanan pintunya jika besar maka harga yang dpatok juga mahal begitu sebaliknya.

Di tempat kerajinan ada beberapa pintu yang memenag sudah dibuat dan diukir dengan ukuran pintu pada umunya yakni sekitar Lebar 70 cm – 80 cm, kemudian dengan tinggi 200 cm — 250 cm dengan tebal 4 cm. bukan hanya itu ada juga ukuran umum lainya yakni 225×70 cm dengan ketebalan 5-7 cm.

Namun jangan khawatir karena jika anda ingin memesan dengan ukuran lain maka pengrajin akan membuat sesuai dengan pesanan anda, mulai dari ukuran, bahan yang digunakan, motif ukirana, warna dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *