Pesan sekarang!
Lambang Garuda Tembaga Kuningan Sebagai Ciri Khas Kerajinan Tembaga Kuningan

Lambang Garuda Tembaga Kuningan Sebagai Ciri Khas Kerajinan Tembaga Kuningan

Lambang Garuda Tembaga Kuningan Sebagai Ciri Khas Kerajinan Tembaga Kuningan

Garuda sebagai lambang Negara Indonesia yang memperlambangkan tanggal Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Garuda memiliki makna filosofis yang sangat dalam. Namun dalam kesempatan kali ini tidak akan mengulas tentang burung Garuda, melainkan akan membahas kerajinan tembaga kuningan yang menghasilan garuda tembaga kuningan.
Pengrajin tembaga kuningan disentral industry pengrajin ternyata tidak hanya bisa membuat pesanan yang terbuat dari pernak pernik interior dan ukiran saja. Tetapi juga dapat membuat garuda tembaga kuningan. Fungsi lambaga Garuda buatan tangan ini jelas, sering digunakan untuk diletakan di dinding sebagai simbol.
Proses pembuatan kerajinan garuda tembaga kuningan memang lebih sulit daripada membuat kancas dan mangkok. Karena pengrajin benar-benar memastikan jumlah sayap garuda sama persis dengan lambang pancasila, yaitu berjumlah 17 bulu disetiap masing-masing sayapnya. Dibagian ekor, pengrajin tembaga kuningan juga harus mengukir dan membut bulu ekor sebanyak 8 bulu. Termasuk membuat 19 bulu dibagian pangkal ekor. Belum lagi di bagian leher, ada 45 bulu. Meskipun sulit, memang itulah tantangan seorang pengrajin tembaga kuningan.
Berkat lambang garuda tembaga kuningan, kini banyak orang yang memiliki Lambang garuda di rumah pribadi. Padahal, dahulu lambang garuda hanya terpasang di tempat-tempat penting seperti kantor, sekolah terbaik. Sekalipun ada, itu hanya foto gambar, sedangkan kerajinan yang terbuat dari tembaga kuningan hampir sulit ditemukan.
Seiring berkembangnya waktu, dan semakin banyak pengrajin garuda tembaga kuningan yang memutuskan berjalan menjadi seorang pengrajin tembaga, kini lambag Gura sudah banyak ditemui dimana-mana. Satu sisi memang memberikan angina segar bagi para pengrajin, setidaknya mereka bisa terus berkreasi dan berinovasi.
Bagaimana dengan harga kerajinan garuda tembaga kuningan? Harganya relative. Tergantung dengan ukuran yang diinginkan. Harga tergantung dari besar dan kecil ukuran Garuda. Adapun jika Anda ingin membeli, Anda dapat langsung mengunjungi ke galeri pengrajin secara langsung. Selain Anda bisa memesan sesuai keinginan, dari segi harga bisa didiskusikan dan tawar menawar. Sebagai catatan, tawarlah dengan harga yang sewajarnya, bagaimanapun juga proses pembuatannya itu sulit dan memakan waktu yang lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *