Pesan sekarang!
Lampu Tembaga

Lampu Tembaga

Banyak aneka varian serta fungsi dari lampu sejak diketemukan Sejarah lampu pijar dapat dikatakan telah dimulai dengan ditemukannya tumpukan volta oleh Alessandro Volta.

Dikutip dari wikipedia,Pada tahun 1870-an, seorang penemu bernama Thomas Alva Edison dari Menlo Park, negara bagian New Jersey, Amerika Serikat, mulai ikut serta dalam usaha merancang lampu pijar.Dengan menggunakan elemen platina, Edison mendapatkan paten pertamanya pada bulan April 1879.Rancangan ini relatif tidak praktis namun Edison tetap berusaha mencari elemen lain yang dapat dipanaskan secara ekonomis dan efisien.Pada tahun yang sama, Sir Joseph Wilson Swan juga menciptakan lampu pijar yang dapat bertahan selama 13,5 jam.Sebagian besar filamen lampu pijar yang diciptakan pada saat itu putus dalam waktu yang sangat singkat sehingga tidak berarti secara komersial.Untuk menyelesaikan masalah ini, Edison kembali mencoba menggunakan untaian karbon yang ditempatkan dalam bola lampu hampa udara hingga pada tanggal 19 Oktober 1879 dia berhasil menyalakan lampu yang mampu bertahan selama 40 jam.

Aneka Jenis Lampu

Bermacam jenis lampu tersedia di pasaran, masing-masing jenis mempunyai fungsi dan kegunaan tersendiri sesuai asal dari pabrikanya.Lampu menjadi perangkat yang sangat vital dalam penerangan malam hari sebab kemudahannya dibandingkan sumber cahaya lain seperti lampu minyak, obor, ataupun penerangan lainnya yang dirasa lebih sukar untuk menggunakanya.

1.Lampu LED

Light Emitting Diode atau sering disingkat dengan LED adalah komponen elektronika yang dapat memancarkan  cahaya monokromatik ketika diberikan tegangan maju. LED merupakan keluarga Dioda yang terbuat dari bahan semikonduktor. Warna-warna Cahaya yang dipancarkan oleh LED tergantung pada jenis bahan semikonduktor yang dipergunakannya. LED juga dapat memancarkan sinar inframerah yang tidak tampak oleh mata seperti yang sering kita jumpai pada Remote Control TV ataupun Remote Control perangkat elektronik lainnya.

2.Lampu Halogen

Hampir seluruh produk otomotif baik mobil maupun motor sudah memakai lampu Halogen sebagai lampu penerangan utama. Dengan konsumsi daya yang sama, cahaya yang dihasilkan lampu halogen lebih terang dan lebih awet dibanding lampu biasa.

Lampu halogen adakan sebuah lampu pijar di mana sebuah filamen wolfram disegel di dalam sampul transparan kompak yang diisi dengan gas lembam dan sedikit unsur halogen seperti iodin atau bromin. Putaran halogen menambah umur dari bola lampu dan mencegah penggelapan kaca sampul dengan mengangkat serbuk wolfram dari bola lampu bagian dalam kembali ke filamen.Lampu halogen dapat mengoperasikan filamennya pada suhu yang lebih tinggi dari lampu pijar biasa tanpa pengurangan umur. Lampu ini memberikan efisiensi yang lebih tinggi dari lampu pijar biasa

3.Lampu pijar atau bohlam

Perkembangan bola lampu listrik memang terus berkembang, dimulai dari penemuan lampu pijar, lalu berkembang ke lampu pedar (atau sering dikenal sebagai lampu hemat energi (LHE), dan yang terbaru adalah lampu LED yang harganya sangat mahal namaun daya tahannya bisa sampai 8 tahun.

Bohlam merupakan jenis lampu klasik. Lampu ini berbentuk sebuah bola kaca berisi kawat pijar, zat argon, nitrogen, kripton, hidrogen, dan lain-lain. Lampu jenis ini memakan banyak energi untuk bisa bersinar terang.

Lampu bohlam hanya dapat bertahan selama seribu jam atau sekitar 4 bulan penggunaan. Namun, cahaya kuning temaram yang begitu hangat mengakibatkan banyak orang yang menyukai lampu ini. Dari segi harga, harga lampu bohlam relatif ekonomis.